Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

Media Network
Politik

Dari Dokter ke Pj Bupati: Jusnan Mokoginta Umumkan Maju di Pilkada Bolmong 2024

Jusnan Calamento Mokoginta, saat ini menjabat sebagai Pj Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), telah mengumumkan keputusannya untuk maju dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bolmong 2024. Meskipun baru di posisi tersebut, lulusan S2 dari Universitas Indonesia ini telah berhasil memenangkan hati masyarakat dengan kesederhanaannya.

Karier Jusnan di birokrasi dimulai di Kotamobagu, tempat ia lahir pada tanggal 5 November 1967. Anak dari J.C. Mokoginta, mantan Ketua DPRD Bolmong, dan L.C. Pontoh, ia menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah di Kotamobagu sebelum melanjutkan studi kedokteran di Universitas Sam Ratulangi. Jusnan meraih gelar Magister Rumah Sakit dari Universitas Indonesia.

Setelah lulus, Jusnan memperluas cakrawala karirnya dengan menerima posisi sebagai Direktur Utama di RSUD Namlea, Pulau Buru. Pengalaman yang diperoleh membawanya kembali ke Sulawesi, di mana ia diangkat menjadi Kepala Dinas Kesehatan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Ia menghabiskan lima tahun di Boltim sebelum pindah ke Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), di mana ia menjabat sebagai Dirut Rumah Sakit dan kemudian Kepala Dinas Kesehatan.

Prestasinya dalam administrasi kesehatan terbukti ketika ia lolos seleksi terbuka untuk jabatan tinggi pratama sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut, di mana ia kemudian dilantik menjadi panglima ASN Bolmut. Pada tahun 2024, ia diangkat menjadi penjabat Bupati Bolaang Mongondow.

Selain berkarir di pemerintahan, Jusnan juga aktif dalam kegiatan sosial, menjadi Wakil Ketua Palang Merah Indonesia di Kabupaten Boltim dan Bolmut, serta anggota PWLB Nahdlatul Ulama Sulawesi Utara. Kehidupan pribadinya juga penuh warna, menikah dengan drg. Frilia Mokoagow, seorang dokter gigi. Mereka dikaruniai empat anak, termasuk dokter Farah Syafira Mokoginta, Ario Gardamong Mokoginta, Jusril Calisto Mokoginta, dan Ahmad Abizzard Mokoginta.

Editor

Editor Team Tinta News

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button