Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

Media Network
Daerah

Desa Doloduo II Raih Juara Lomba Desa Tingkat Sulut, Siap Wakili di Tingkat Regional

Dipimpin oleh Pj Bupati dr Jusnan Calamento Mokoginta, Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong) telah berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan. Desa Doloduo II di Kecamatan Dumoga Barat, yang menjadi fokus utama sejak awal kepemimpinan dr Jusnan, berhasil meraih juara I dalam lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Utara. Berkat pencapaian ini, desa tersebut kini dipilih untuk mewakili provinsi di tingkat regional.

Keberhasilan ini disahkan melalui surat keputusan yang ditandatangani oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, pada tanggal 28 Juni 2024. Desa Doloduo II terpilih dari enam desa yang dinilai dan berhasil mengungguli yang lain berkat serangkaian inovasi yang mereka terapkan. Di samping itu, Kelurahan Tanjung Merah di Kecamatan Matuari, Kota Bitung, juga mendapat pengakuan sebagai pemenang lomba kelurahan.

Sangadi Desa Doloduo II, Wawan Bonde, mengungkapkan rasa syukurnya, “Alhamdulillah, kami sangat berterima kasih atas dukungan penuh dari pemerintah daerah, khususnya dari dr Jusnan Calamento Mokoginta. Beliau tidak hanya memberikan arahan, tapi juga turut serta membantu dan mendampingi kami hingga menyakinkan tim penilaian dengan inovasi yang kami terapkan.”

dr Jusnan Mokoginta sendiri telah menyatakan keoptimisannya sebelum penilaian, percaya bahwa Desa Doloduo II akan tampil sebagai juara berkat kesiapan dan inovasi yang telah mereka sajikan. Inovasi tersebut termasuk penerapan tanda tangan elektronik dalam administrasi desa, yang menurut dr Jusnan, telah mengangkat standar pelayanan Desa Doloduo II hampir setara dengan tingkat kecamatan atau bahkan daerah.

Penerapan sistem digital ini telah mempermudah proses administratif di desa, di mana pengurusan surat-menyurat kini hanya memerlukan waktu lima menit. Keberhasilan ini menambah kepercayaan bahwa Desa Doloduo II akan dapat bersaing di tingkat yang lebih tinggi lagi.

Sekarang, dengan dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat, Desa Doloduo II siap untuk berkompetisi dengan 13 provinsi lainnya di tingkat regional, termasuk Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, dan beberapa provinsi lainnya. Ini merupakan langkah berikutnya dalam perjalanan mereka untuk memperoleh pengakuan yang lebih luas atas inovasi dan dedikasi mereka dalam pembangunan desa.

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button