Travel

Pantai Tanjung Dulang Rekomendasi Wisata Instagramable di Bolmut, Menarik Buat Healing

Underwaternya Boleh Dicoba Gais

81 / 100

Tinta.news | Salah satu wisata bolmut yang cukup terkenal yaitu pantai tanjung dulang. Pemandangannya yang indah menjadi daya tarik turis untuk berkunjung. Sama halnya dengan destinasi wisata lainnya pemerintah daerah juga menerapkan protokol kesehatan ketat selama pandemi ini.

Lokasi Pantai Tanjung Dulang

Pantai Tanjung Dulang memiliki keindahan alam yang sangat indah. Hal itu tentunya berpotensi besar untuk dijadikan sebuah destinasi wisata. Dengan begitu apabila banyak turis berkunjung ke tempat tersebut secara tidak langsung bisa menambah pendapatan negara.

Untuk lokasinya sendiri terletak di desa Solo, kecamatan kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Akses jalannya juga sangat mudah. Karena hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja dari kampung Boroko untuk sampai di tempat wisata tersebut.

Rutenya yaitu ketika sudah sampai di kampung Boroko harus melewati desa Inomunga. Setelah itu belok ke arah kanan. Karena aksesnya yang mudah wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun empat untuk mengunjungi destinasi tersebut.

Jam Operasional Pantai Tanjung Dulang

Untuk jam operasionalnya sendiri buka 24 jam. Itu artinya para wisatawan dapat mengunjungi kapan saja. Namun alangkah lebih baik untuk mendatanginya pada saat matahari terbenam mau pun terbit. Karena pada waktu itu pemandangan akan terlihat indah.

Biasanya pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp10.000 baik pada weekend maupun weekday. Meskipun begitu tetapi harga tiket masuk tersebut dapat berubah-ubah. Selain untuk biaya tiket Anda juga harus menyiapkan uang untuk membayar parkir kendaraan.

Walaupun bukan hari libur tetapi tempat wisata ini tidak pernah lengan oleh pengunjung. Hal itu karena pantai ini memiliki pasir putih sepanjang 2 meter.Hingga saat ini keberadaan destinasi wisata alam tersebut telah terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Tanjung Dulang

Beberapa Daya Tarik Pantai Tanjung Dulang

Wajar jika banyak orang akan berkunjung ke destinasi pantai Tanjung dulang. Karena wisata alam itu memiliki banyak daya tarik yang bisa memikat para turis mancanegara. Langsung saja berikut beberapa kelebihan dari tempat wisata tersebut.

  1. Pasir Putih yang Mempesona

Salah satu daya tarik dari wisata alam tersebut yaitu memiliki pasir berwarna putih. Hal itulah yang menjadi pembeda dari pantai-pantai di Indonesia. Disini juga terdapat banyak pemandangan yang sangat menakjubkan sehingga cocok untuk penyuka travelling.

Karena paronama alamnya yang indah maka ketika mengunjungi tempat tersebut pastikan sudah membawa perlengkapan HP atau kamera. Agar kulit tidak terbakar maka gunakan pakaian panjang atau sunscreen. Jika diperlukan bisa mengimbanginya dengan topi atau kacamata hitam untuk menghindari silau cahaya matahari.

  1. Bebatuan Cadas yang Indah

Batuan cadas yang tersebar di beberapa titik menjadi salah satu hal yang membedakan pantai Tanjung tulang dengan lainnya. Maka dari itu destinasi ini sangat cocok untuk menikmati pemandangan sekitar. Ukuran batu juga sangat luas sehingga nyaman sebagai tempat duduk.

Namun ketika air sedang pasang perlu lebih berhati-hati. Karena biasanya ombak dari pantai bisa sampai di posisi batuan cadas tersebut. Keunikan batu ini terletak dari warnanya yang putih dan menggelembung pada bagian sisinya.

  1. Dikelilingi Pepohonan yang Rindang

Nantinya sesampainya di salah satu wisata bolmut pengunjung akan langsung bisa melihat pepohonan yang menjulang tinggi. Tentunya warna hijau bisa membuat siapapun yang berada di lokasi tersebut menjadi rileks. Tidak hanya itu udara juga sangat terasa segar.

Meskipun banyak pepohonan pantai tersebut akan selalu terlihat bersih. Hal itu karena ada seorang petugas yang rutin membersihkannya. Namun tetap saja ketika berkunjung di tempat tersebut hindari membuang sampah sembarangan untuk mengurangi beban pekerja tersebut.

  1. Tempat untuk Bertelur para Penyu

Hal ini tentunya sangat berbeda dengan wisata lainnya. Karena di tempat ini pengunjung bisa melihat para penyu bertelur secara langsung. Dengan begitu destinasi ini sangat baik untuk menambah pengetahuan anak-anak tentang perkembangbiakan hewan tersebut.

Hampir setiap bulan Ramadan destinasi wisata di pulau Sulawesi ini selalu mengalami kenaikan. Biasanya masyarakat akan mengunjungi untuk menunggu waktu berbuka puasa sambil melihat matahari tenggelam. Lokasinya yang jauh dari keramaian juga memberikan kesan ketenangan.

  1. Keindahan Bawah Lautnya yang Sangat Menarik

Tidak hanya di permukaannya saja tetapi di dasar laut terdapat juga pemandangan yang sangat indah. Seperti berbagai biota laut mulai dari terumbu karang, ikan dan kerang. Hal ini pastinya sangat cocok untuk para pecinta diving yang melakukan kegiatan mengeksplorasi.

Pada tempat wisata ini bagi yang ingin melakukan diving tidak perlu membawa perlengkapan. Karena pihak pengelola sudah menyediakannya. Kualitasnya juga sudah terjamin berstandar SNI sehingga bisa melindungi seluruh tubuh pengguna secara maksimal dari ujung kaki hingga rambut.

  1. Udara Pantai Tanjung Dulang Masih Sangat Segar

Berbeda dengan daerah perkotaan yang udaranya sudah banyak tercemar. Karena aktivitas masyarakat terutama ketika berkendara. Di pantai Tanjung tulang terdapat banyak pohon yang bisa membuat suasana menjadi sejuk dan asri.

Tidak hanya itu kondisi tersebut juga membuat udara di sekitar sangat segar sehingga baik untuk dijadikan tempat healing. Ketika berkunjung ke tempat tersebut tentunya bisa membuat stress hilang dan berganti dengan suasana bahagia. Apakah tertarik untuk mendatanginya?.

Tanjung Dulang

Fasilitas yang Terdapat di Pantai Tanjung Dulang

Karena hampir setiap tahunnya mengalami kenaikan yang signifikan. Pihak pengelola terus berupaya untuk mengembangkan tempat wisata tersebut. Salah satunya yaitu pengadaan listrik. Dengan begitu ketika malam hari tiba lokasi akan menjadi berwarna-warni lampu.

Pengunjung juga akan mendapatkan fasilitas berupa tempat parkir dengan biaya yang sangat murah. Untuk kendaraan roda empat sendiri akan dikenakan biaya Rp5.000. Sementara motor yakin sebesar Rp2.000. Hal itu tentunya bisa menghemat pengeluaran.

Bagi yang tinggal di luar kota tidak perlu khawatir karena di dekat Tanjung Dulang tersebut terdapat penginapan. Di sekitar pantai juga banyak ditemukan warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Tentu saja hal itu bertujuan untuk menyediakan kebutuhan pengunjung.

Artikel Rujukan; Wisata Pantai Tanjung Dulang dengan Segudang Keindahannya

Bagaimana Akses Jalannya?

Pada awal pembangunan memang akses jalannya masih sangat sederhana. Namun seiring dengan peningkatan jumlah pengunjung menjadikan pemerintah daerah berupaya untuk memperbaiki akses tersebut. Dengan cara melakukan pengaspalan.

Hal itu sengaja dibuat agar jalanan layak untuk dilewati para pengunjung dan masyarakat sekitar. Tentunya dengan harapan agar bisa meningkatkan wisatawan baik dalam negeri maupun luar. Dengan begitu secara tidak langsung pendapatan negara akan bertambah.

Dengan akses jalan yang mudah ini pemerintah juga berharap roda perekonomian masyarakat sekitar bisa berjalan lancar. Hingga saat ini pengelola masih gencar melakukan perbaikan berbagai fasilitas. Hal itu tentunya bertujuan untuk menunjang kenyamanan pengunjungnya.

Itulah informasi tentang wisata bolmut Pantai Tanjung Dulang yang sering menjadi rujukan para wisatawan untuk berlibur. Namun bagi yang tinggal di luar kota lebih baik memesan penginapan jauh-jauh hari. Dengan begitu kemungkinan besar bisa mendapatkan diskon/promo. (rhp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button